JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 4, No 2 (2021)

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI IPS

Khusnul Khuluq (State University of Malang)
Zainul Abidin (State University of Malang)
Saida Ulfa (State University of Malang)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini digunakan untuk mengukur adanya perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran klasikal dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas XI IPS di SMAN 9 Malang. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan secara daring dan penyebaran angket serta tes pebelajar mengisi pada google form. Penelitian ini melibatkan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji berikutnya yaitu menggunakan uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda soal. Dari penelitian ini diperoleh hasil adanya pengaruh model pembelajaran GI terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh adanya perubahan hasil belajar siswa. Kemudian ditemukan pengaruh gaya belajar terhadap gaya belajar siswa yang ditunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada tiap gaya belajar. Yang terakhir adanya interaksi model pembelajaran GI terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa yang dibuktikan oleh adanya perbedaan hasil belajar siswa pada tiap kategori gaya belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jktp

Publisher

Subject

Other

Description

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikanis a journal in the field of educational technology which contains literature review, action reserach, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the ...