Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Luh Gede Ria Utami Agustin (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Lasmawan (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi dan pencapaian kompetensi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian 2 jalan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dan TGT (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap pencapaian kompetensi belajar IPS, (3) model pembelajaran NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (4) model pembelajaran TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Kata kunci: Kompetensi Belajar; Motivasi Berprestasi; NHT; TGT 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...