Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis sejarah yang melatar belakangi pendirian Monumen Perjuangan Bangsal, (2) menganalisis sejarah berdirinya Monumen Perjuangan Bangsal, (3) menganalisis nilai-nilai Pendidikan karakter dibalik Monumen Perjuangan Bangsal, (4) mengintegrasikan nilai-nilai Monumen Perjuangan Bangsal dalam pelajaran IPS berbentuk media audiovisual. Lokasi penelitian SMP Negeri 2 Kuta Utara dan Monumen Perjuangan Bangsal. Rancangan penelitian yang digunakan research and development dengan tiga tahap define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian: (1) sejarah yang melatar belakang pendirian Monumen Perjuangan Bangsal tidak terlepas dari rumah tempat penyimpanan kopra berubah menjadi tempat pertemuan rahasia, (2) sejarah berdirinya Monumen Perjuangan Bangsal untuk mengenang jasa-jasa pahlawan terdahulu. Tahun 2008 ide memugar rumah Bangsal menjadi Monumen Perjuangan Bangsal dilakukan, (3) nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Monumen Perjuangan Bangsal disesuaikan dengan Kemendikbud (2010) yang dikembangkan dalam Pendidikan budaya diidentifikasi dari sumber-sumber agama, budaya, Pancasila, dan tujuan Pendidikan nasional, (4) pengintegrasian nilai-nilai Monumen Perjuangan Bangsal menghasilkan media audiovisual dan RPP.Kata-kata kunci: IPS SMP; Media Audiovisual; Monumen Perjuangan
Copyrights © 2020