Frontiers
Vol 3, No 1 (2020): APRIL 2020

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Tompaso

Lempas, Jety Deisye (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement devision) dan yang menggunakan model ceramah pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Tompaso. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tompaso dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Post-test control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII siswa di SMP Negeri 1. Variabel penelitian yaitu, (i) hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (X1) dan hasil belajar siswa yang menggunakan model ceramah (X2 .). Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata t. Hasil analisis menunjukkan bahawa rata Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (84,7) lebih tinggi (secara sangat sifnifikan) dari rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional tipe ceramah (79,5). t hitung = 20, 3412 > (t(0,01; 60)) = 2,3901Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, STAD

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

efrontiers

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

FRONTIERS: Jurnal Sains dan Teknologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah ...