Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 17 No. 2 (2020): JBMI

Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Kecamatan Lau Kabupaten Maros

Rusni Fitri Y. Rusman (Universitas Muslim Maros)
Andi Hamdana (Universitas Muslim Maros)
Abdullah Sanusi (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Populasi ternak, infrasturktur peternakan dan daya dukung pakan merupakan beberapa kriteria parametric dalam penentuan sentra peternakan sapi potong. Kecamatan Lau merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Maros yang masih didominasi peternakan rakyat dimana jumlah kepemilikan ternak hanya berkisar 2 hingga 5 ekor. Kepemilikan dan peternakan sapi potong masih merupakan usaha sampingan dimana bertani sawah padi merupakan pekerjaan utama masyarakat. Dalam upaya mengoptimalkan peternakan sapi potong perlu diketahui kekurangan dan kelebihan serta peluang dan ancaman yang dihadapi peternak dalam menjalankan usaha peternakan sapi potong. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) yang didasarkan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu pengembangan sapi potong. Penentuan sampel akan dilakukan secara acak (random sampling) terhadap petani dan snowballing sampling terhadap stakeholders yang terkait dengan peternakan sapi potong dalam hal ini pemerintah daerah selaku pengambil kebijakan dan para pelaku usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor matriks IFE adalah 1,43 dan EFE adalah 1,66 dimana kedua titik ini berada pada kuadran 1 matriks SWOT. Dalam penentuan strategi terdapat 3 alternatif strategi S-O, 4 alternatif W-O serta strategi S-T dan W-T masing-masing 2. Alternatif strategi yang dihasilkan mendukung pada strategi yang agresif dalam mendorong pengembangan usaha ternak sapi potong di Kecamatan Lau Kabupaten Maros.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...