Keterbukaan diri merupaka salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam interaksi sosial. Hipotesis yang diajukan dalam penulisan ini adalah pemanfaatan teknik psikodrama dalam layanan bimbingan kelompok bermanfaat untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas XI SMA N 3 Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA N 3 Rembang yang berjumlah 253 siswa, terdiriĀ dari 8 kelas yaitu IPA 1,IPA 2,IPA 3, IPS 1, IPS 2, IPS 3, IPS 4, IPS 5. Metode penulisan menggunakan eksperimental desain dengan jenis one groupĀ pre-test dan post-test yang bersifat kuantitatif denga instrumen skala psikologis Keterbukaan Diri Berdasarkan perhitungan dengan rumus uji t-test tersebut diperoleh hasil thitung sebesar 3.92 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan db N-1 =33-1 32 yaitu sebesar 2,378 maka thitung > ttabel. Dengan demikian koefisien thitung sebesar 3,92 adalah signifikan pada taraf 0.05.
Copyrights © 2020