EMPATI
Vol 7, No 2 (2020): Empati

PEMANFAATAN TEKNIK PSIKODRAMA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KETERBUKAAN DIRI SISWA

Nofian Nurindah Sari (kb-Tk daQu School Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2020

Abstract

Keterbukaan diri merupaka salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam interaksi sosial. Hipotesis yang diajukan dalam penulisan ini adalah pemanfaatan teknik psikodrama dalam layanan bimbingan kelompok bermanfaat untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa kelas XI SMA N 3 Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA N 3 Rembang yang berjumlah 253 siswa, terdiriĀ  dari 8 kelas yaitu IPA 1,IPA 2,IPA 3, IPS 1, IPS 2, IPS 3, IPS 4, IPS 5. Metode penulisan menggunakan eksperimental desain dengan jenis one groupĀ  pre-test dan post-test yang bersifat kuantitatif denga instrumen skala psikologis Keterbukaan Diri Berdasarkan perhitungan dengan rumus uji t-test tersebut diperoleh hasil thitung sebesar 3.92 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0.05 dengan db N-1 =33-1 32 yaitu sebesar 2,378 maka thitung > ttabel. Dengan demikian koefisien thitung sebesar 3,92 adalah signifikan pada taraf 0.05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...