EMPATI
Vol 7, No 2 (2020): Empati

PROFIL KEPERCAYAAN DIRI SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL

dewi rahmah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rochani Rochani (Unknown)
Alfiandy Warih Handoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2020

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurangnya kepercayaan diri yang terjadi pada siswa kelas VIII. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh atau total sampling dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Penelitian mengenai kurangnya kepercayaan diri dilakukan dengan melihat empat indikator yaitu: 1) Percaya akan kemampuan sendiri, 2) Bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, 3) Memiliki rasa positif terhadap diri, dan 4) Berani mengungkapkan pendapat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar instrument penelitian berupa angket, observasi dan wawancara dengan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang, berada pada kategori rendah dengan persentase 24,77%, kategori sedang dengan persentase 60%, dan kategori tinggi dengan persentase 15,23%. Setelah mengetahui gambaran kepercayaan diri, maka rancangan program dibuat berdasarkan hasil penelitian yang di dapat. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...