JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 14 No 2 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan

ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG DAN SOLUSINYA PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2018-2019

MUH LIS (Universitas Jember)
Sri Kantun (Universitas Jember)
Wiwin Hartanto (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Kesulitan belajar siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember di berbagai mata pelajaran, terutama pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun ayat jurnal penyesuaian yang identik dengan proses menganalisis dan menghitung. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember Tahun Ajaran 2018-2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember yang persentasenya paling tinggi dalam mengalami kesulitan belajar, yaitu sebanyak 7 siswa, adapun teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumen, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala pengukuran likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang siswa kelas XI Akuntansi SMKN 1 Jember terdiri dari faktor Intelegensi yang meliputi: rendahnya keterampilan siswa sebesar 46,4%, rendahnya ketelitian siswa sebesar 41,6%, rendahnya kemandirian siswa sebesar 50%. Selain faktor intelegensi, penyebab kesulitan belajar pada materi ayat jurnal penyesuaian juga disebabkan rendahnya kesiapan belajar siswa sebesar 45% dan rendahnya minat belajar siswa sebesar 39,2%. Solusi dalam penelitian ini, yaitu siswa harus lebih meningkatkan lagi pemahaman konsep dasar materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan dagang, siswa harus lebih banyak berlatih dan tidak bergantung kepada pekerjaan teman yang lebih pintar jika tidak tahu jangan malu untuk selalu bertanya kepada guru

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...