Musibah non alam yang melanda seluruh dunia yaitu virus Covid-19 telah berdampak begitu besar terhadap aspek kehidupan baik secara sosial, politik, dan stabilitas ekonomi baik di Indonesia maupun diluar Indonesia. Upaya besar dilakukan untuk melakukan pemulihan terhadap ekonomi nasional yang dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Keuangan yaitu salah satunya dengan cara memberikan bantuan pemanfaatan Insentif pajak bagi para pelaku usaha UMKM di Indonesia yang diterbitkan pada tanggal 16 juli 2020 . Pemberian insentif pajak dilakukan pemerintah diantaranya dikarenakan menurunnya produktifitas penjualan sehingga pemerintah dirasa wajib berperan dalam membantu memulihkan perekonomian. Disamping adanya peran pemerintah, para pelaku bisnis UMKM diharuskan untuk dapat berkembang dalam menyusun strategi bisnis diantaranya dengan inovasi digitalisasi UMKM tujuannya adalah untuk merangsang pertumbuhan penjualan, memperluas jaringan pangsa pasar serta dapat membantu meminimalisir biaya operasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan melihat eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi pemanfaatan insentif pajak dan pelaksanaan digitalisasi UMKM sebagai strategi dalam pengembangan bisnis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021