DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2, No 1 (2021): Maret 2021

Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Yulita Indah Kusumawanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Upgris, Semarang, Indonesia)
Iin Purnamasari (Unknown)
Intan Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan pre-eksperimental desigen dengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes,  dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa.Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang, mengetahui apakah penggunaan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan menggunakan pendekatanpre-eksperimental desigendengan jenis desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes,  dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh yakni, setelah diberikan perlakuan menggunakan media keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,941 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait keterampilan komunikasi siswa. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 65,00 dan rata-rata hasil postest sebesar 79,77. Selanjutnya dilihat dari perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,183 > 1,696) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan terkait hasil belajar siswa. Kata kunci : Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...