Target : Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 2 No 2 (2020)

Analisis Pengaruh Return on Equity (ROE), Earning per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018

Agus Hermanto (Universitas Teknologi Mataram)
Isra Dewi Kuntary Ibrahim (Universitas Bumigora)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Harga Saham. Objek penelitian ini adalah pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 dengan metode penentuan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji kelayakan model penelitian dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROE, EPS dan DPR menunjukkan pengaruh signifikan terhadap Harga Saham, Sementara variabel DER tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap Harga Saham dalam penelitian ini sebesar 30,5%, sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

target

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ‘’TARGET’’ bertujuan menyebarluaskan hasil riset dibidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa di lingkungan Universitas Bumigora serta berbagai pihak yang ingin berkontribusi dalam penelitian ilmiah. Fokus penelitian pada Manajemen Pemasaran (Marketing ...