Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 30, No 2 (2020)

Program Analisis Tematik sebagai Alternatif Elektronik Assessment di Madrasah Ibtidaiyah

Shofiyah Al Idrus (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Assessment dengan metode konvensional yang dilakukan oleh guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam pembelajaran Tematik memiliki kendala utama pada pelaksanaan assessment yang tidak dapat dilakukan secara lengkap, detail, dan cepat, disebabkan banyaknya jumlah assessment dalam tema mata pelajaran Tematik yang berakibat pada banyaknya waktu yang harus dihabiskan guru dalam melakukan assessment. Peningkatan proses assessment dalam mata pelajaran Tematik dapat dilakukan dengan memanfaatan model elektronik assessment (e-assessment), yaitu program Analisis Tematik (ATIK). Program ATIK memberikan kemudahan pada guru kelas mata pelajaran Tematik dalam konten analisis hasil ujian dan kualitas soal. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode dengan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: (1) pendekatan personal, (2) sosialisasi, dan (3) pelatihan dengan subjek penelitian Madrasah Ibtidaiyah KH. Hasyim Asy’ari. Hasil penelitian yang dilakukan dengan program ATIK mampu membantu guru kelas mata pelajaran Tematik dalam melakukan assessement dengan pemanfaatan inovasi menu program analisis ujian dengan sub menu rekam ujian dan cetak. Menu tersebut dapat bermanfaat bagi guru kelas untuk memutuskan siswa yang tuntas dan tidak dalam proses pembelajaran serta soal yang dapat digunakan dan tidak dalam ujian secara otomatis. Menu cetak bermanfaat dalam perekaman nilai yang dikelompokkan berdasar tema dan sub tema pada mata pelajaran Tematik. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...