Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 6 No 2 (2021): Tabligh : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Dakwah Kuliner (Analisis Pesan Dakwah dalam Channel Youtube Hobby Makan)

Dita Fitria (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi , UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Siti Sumijaty (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi , UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Encep Taufik Rahman (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi , UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang pesan dakwah yang terdapat dalam channel Youtube Hobby Makan, dilihat dari segi pengkategorian pesan. Pengkategorian pesan dibagi menjadi kategori isi dan kategori bentuk. Kategori isi pesan meliputi, akidah, syariah dan ahlak. Sedangkan kategori bentuk pemyajian meliputi informatif, persuasif dan koersif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) dengan penyusunan data kemudian dijelaskan, dianalisis, yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam channel youtube ini terdapat pesan dakwah. Peneliti menemukan tiga bentuk penyajian pesan yaitu informatif, persuasif, dan koersif, bentuk penyajian persuasif dengan kata ajakan dan himbauan yang lebih dominan dibandingkan bentuk penyajian yang lainnya. Selanjutnya kategori isi pesan tentang akhlak lebih dominan dibandingkan pesan syariah dan akidah Kata Kunci : Pesan; Dakwah; Kuliner; Youtube

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...