BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting
Vol 2 No 1 (2020): BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting

Efisiensi Biaya Produksi Menggunakan Metode Target Costing dalam Meningkatkan Laba

Yogi Lesmana (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Erry Sunarya (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Nor Norisanti (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penetapan biaya produksi dan pendapatan UKM Kripset UMMI Sukabumi, untuk menganalisis efisiensi biaya produksi dengan menggunakan metode target costing untuk meningkatkan laba pada UKM Kripset UMMI Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode target costing untuk mengefesiensikan biaya produksi UKM Kripset UMMI Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan target costing, UKM Kripset UMMI Sukabumi menghabiskan biaya produksi sebesar Rp. 58.320.000 dan setelah penerapan target costing, biaya menjadi Rp. 54.200.000. Maka dari itu, perusahaan bisa mengefesiensikan biaya sebesar Rp. 4.120.000. Laba yang diperoleh perusahaan sebelumnya adalah sebesar Rp. 1.680.000. Kemudian setelah menggunakan metode target costing, laba perusahaan meningkat sebesar Rp.5.800.000. Simpulan, penetapan biaya produksi di UKM Kripset UMMI Sukabumi masih menggunakan metode manual, sehingga biaya produksi UKM terus meningkat dan laba yang diperoleh belum optimal. Namun setelah penerapan target costing, biaya produksi bisa diefisiensikan dan peningkatan laba yang diperoleh pun cukup signifikan. Kata Kunci: Biaya Produksi, Laba, Target Costing

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BUDGETING

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development o, Business, Management and Accounting .The journal is published annually 2 times ...