Econetica
Vol 1 No 1 (2019): Mei 2019

Transaksi On-Line (E-Commerce) : Peluang dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Riswandi, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2019

Abstract

Abstrak E-Commerce merupakan suatu transaksi saling tukar menukar barang antar satu dengan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara digital. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, sistem transaksi secara on-line (E-Commerce) sangat memudahkan bagi para pelaku bisnis untuk berinteraksi dan bertransaksi melalui media internet. Transaksi On-line (E-commerce) merupakan suatu transaksi yang melibatkan penjual dan pembeli dalam satu media internet dan melakukan transaksi secara langsung melalui website dan situs transaksi seperti : tokopedia, shopee, buka lapak, lazada, JD.id dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu dengan menggunakan kajian pustaka (Library Research) dengan mengambil referensi dari beberapa buku yang didapatkan dari perpustakaan dan sumber dari website atau internet. Selain itu, keterlibatan langsung oleh penulis dalam melakukan transaksi secara on-line (E-Commerce) bisa mendapatkan dan mempertegas data-data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa transaksi on-line ( E-Commerce) sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam selama tidak ada unsur penipuan/gharar, perjudian/maysir dalam praktiknya serta tidak terdapat unsur kecacatan pada produk yang ditransaksikan. Apabila terjadi hal-hal yang disebutkan tadi, maka pihak-pihak yang bertanggung jawab wajib untuk mengganti kerugian yang dialami oleh pembeli selaku pihak yang dirugikan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

econetica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Econetica merupakan publikasi Ilmiah terkait Sosial, Ekonomi dan Bisnis merupakan hasil kajian pustaka, kajian isu, dan hasil penelitian yang berkembang dimasyarakat. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 2 kali setiap ...