Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Vol 10, No 1 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi

Penerapan Algoritma C4.5 pada Pengaruh Iklan Tanpa Label Harga di Instagram

Ratnawati Ratnawati (Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Tegal)
Fransisca Natalia (Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

AbstrakSaat ini banyak strategi promosi yang beralih ke media online, salah satunya instagram. Hal ini dimanfaatkan oleh para perodusen untuk menjadikan instagram sebagai media promosi yang potensial. Ada satu jenis iklan yang menarik di instagram, yakni jenis iklan yang menampilkan keunggulan produknya namun tidak menampilkan label harga. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah jenis iklan ini dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk yang diiklankan. Metode yang peneliti gunakan adalah data mining dengan algoritma C4.5 dimana data yang diperoleh adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden pengguna instagram aktif berdasarkan jenis kelamin. Kuesioner dirancang berdasarkan terori AISAS yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas iklan di media online dengan atribut penelitian yaitu jenis kelamin, Attention, Interest, Search dan Action. Hasil penelitian dengan algoritma C4.5 ini diketahui bahwa tingkat akurasi dari model yang dibentuk mencapai 88.5% dan nilai AUC sebesar 0.82 dimana nilai ini termasuk kedalam rentang Good Classification. Sedangkan atribut yang paling mempengaruhi adalah atribut Search yang memiliki nilai gain tertinggi diantara atribut lainnya.Kata Kunci: Teori AISAS, pengaruh iklan, data mining, algoritma c4.5, iklan instagramAbstractCurrently, many promotional strategies are turning to online media, one of them is Instagram. This is used by producers to make Instagram a potential promotional media. There is one type of ad that is interesting on Instagram, which is a type of ad that displays the advantages of its product but does not display a price tag. Therefore, researchers are interested in examining whether this type of advertisement can influence consumers in purchasing the advertised product. The method that researchers use is data mining with the C4.5 algorithm where the data obtained is by distributing questionnaires to 200 respondents who are active Instagram users based on gender. The questionnaire was designed based on the AISAS theory which is commonly used to measure the level of effectiveness of advertisements in online media with research attributes, namely gender, attention, interest, search and action. The results of the research with the C4.5 algorithm show that the accuracy rate of the model formed reaches 88.5% and the AUC value is 0.82 where this value is included in the Good Classification range. While the most influencing attribute is the Search attribute which has the highest gain value among other attributes.Keywords: AISAS theory, effect of advertising, data mining, c4.5 algorithm, instagram ads

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

stmsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Sistemasi adalah nama terbitan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu sains komputer program studi Sistem Informasi Universitas Islam Indragiri, Tembilahan Riau. Jurnal Sistemasi Terbit 3x setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September,Focus dan Scope Umum dari Sistemasi yaitu Bidang Sistem Informasi, ...