This study aims to describe the learning activities and analyze the improvement of listening skills through fable fairy animated film in III A students of Karanganyar State Elementary School 1 Malang Regency. This type of research is classroom action research (CAR) Kemmis and Taggart models. Data collection techniques used were observation, interviews, tests, and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative and descriptive qualitative. The results showed that fable fairy animated films can improve the listening skills of students in class III A Karanganyar State Elementary School 1 Malang Regency.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan menganalisis peningkatan keterampilan menyimak melalui film animasi fabel pada peserta didik kelas III A SDN Karanganyar 1 Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi fabel dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik kelas III A SDN Karanganyar 1 Kabupatn Malang.
Copyrights © 2020