Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 7, No 1 (2021): July

Model Pembelajaran Daring dalam Mata Kuliah Braille untuk Mahasiswa Tunarungu

Rosika Novia Megaswarie (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemic Covid-19 yang menjadikan tidak adanya pertemuan dalam perkuliahan secara tatap muka di kelas seperti sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang penerapan model pembelajaran daring dalam mata kuliah Braille untuk mahasiswa tunarungu di IKIP PGRI Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan pemberian tugas untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan observasi dan pemberian tugas pada mahasiswa tunarungu, pemahaman tentang penulisan dengan menggunakan huruf Braille masih belum optimal; 2) Mahasiswa tunarungu masih sering terbalik dalam membedakan braille baca dan braille tulis, sehingga memerlukan pembelajaran disertai praktik secara langsung; 3) adanya pembelajaran daring dengan menggunakan video konferensi yang tersedia, mempermudah mahasiswa tunarungu dalam menerima materi perkuliahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa metode pembelajaran daring yang ditunjang dengan praktik langsung, mempermudah mahasiswa tunarungu dalam mengikuti pembelajaran pada mata kuliah braille

Copyrights © 2021