Jurnal Ilmiah METHONOMI
Vol 5, No 1 (2019)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. ORINDO ALAM AYU MEDAN

Titi Rosarina Manalu (Universitas Methodist Indonesia)
Winarto Winarto (Universitas Methodist Indonesia)
Kristanty Marina Natalia Nadapdap (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Loyalitas pelanggan perlu diperhatikan oleh perusahaan agar perusahaan dapat bertumbuh dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui pengaruh bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan pada PT. Orindo Alam Ayu Medan. Populasi dalam penelitian ini para pelanggan, dan sebanyak 93 orang responden dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,740 dapat disimpulkan bahwa variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) sebesar 74,0%, sedangkan sisanya sebesar 26,0% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga dan promosi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jimetho

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan ...