Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
Vol. 8 No. 2 (2020): OKTOBER

ANALISIS PENGARUH CITRA DESTINASI, LOKASI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN MALANG

Siti Mahfudhotin (Universitas Kanjuruhan Malang)
Iva Nurdiana Nurfarida (Universitas Kanjuruhan Malang)
Candra Wahyu Hidayat (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi, Lokasi dan Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang di Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non Probability Sampling. Teknik non Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Metode pengambilan sampelnya dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dari uji t dapat dijelaskan bahwa citra destinasi, lokasi dan media sosial secara persial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dimana masing-masing variabel independen (citra destinasi, lokasi dan media sosial) memiliki nilai t sig < 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji F dapat dijelaskan bahwa citra destinasi, lokasi dan media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dimana nilai F sig sebesar 0,000 < 0,05. Dari ketiga variabel independen tersebut variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali adalah variabel citra destinasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas ...