Jurnal Mirai Management
Vol 5, No 2 (2020)

CORPORTE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS DAN HUKUM ISLAM

Andi Wawo (Unknown)
Amiruddin Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Tujuan artikel ini untuk memberikan gambaran kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dipandang dari perpektif etika bisnis dan hukum islam khususnya maslahah dan mursalah. Sehingga diharapkan pelaksanaan CSR oleh pengusaha tidak sekedar dipandang sebagai kegitan rutin belaka tetapi sebagai kegiatan ibadah. Kegiatan CSR yang merupakan wujud tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya baik manusia maupun alam. Namun sebagai umat islam perlu mengetahui apakah kegiatan CSR sudah sesuai dengan etika bisnis islam dan hukum islam jika dilihat dari maslahah dan mursalahnya. CSR jika dipandang dari persepektif etika bisnis islam maka sudah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu Siddiq, Amanah, Fathonah dan Tabliq. Sedangkan dari sudut pandang hukum islam yaitu maslahah dan mursalah juga sudah memenuhi. Jadi pelaksanaan CSR sudah sesuai dengan ajaran islam baik dari segi etika bisnis muapun dari segi hukum maslahah mursalah. Keyword: Corporate Social Responsibility, Etika Bisnis Islam, hukum islam dan maslahah mursalah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...