Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui pengaruh persepsi atas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM yang terdaftar di wilayah KPP Pratama Makassar, (2) Untuk mengetahui pengaruh Norma subyektif terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM yang terdaftar di wilayah KPP Pratama Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menitikberatkan pada pengujian hipotesis, dengan jumlah sampel 150 responden. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan program SPSS 26.00 for Windows. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial membuktikan bahwa (1) Variabel Persepsi atas pelayanan pajak memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajik pajak pada UMKM di wilayah KPP Pratama Makassar dengan nilai signifikansi = 0,000 yang berarti bahwa hipotesis alternatif diterima yang menyatakan ada pengaruh Persepsi atas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM di Wilayah KPP Pratama Makassar. (2). Berdasarkan uji parsial bahwa Norma subyektif memiliki pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM di Wilayah KPP Pratama Makassar dengan nilai signifikansi = 0,027 yang berarti bahwa hipotesis diterima yang menyatakan ada pengaruh Norma subyektif terhadap kepatuhan wajib pajak pada UMKM yang terdaftar di Wilayah KPP Pratama Makassar. Kata kunci : Pelayanan, norma subyektif, kepatuhan wajib pajak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020