PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor transportasi umum diDaerah Yogyakarta. Unit pelayanan di berbagai wilayah Yogyakarta dengan 11 route jalur dengan jumlah 68 armadabus Trans Jogja, dua jenis merk Hino FB130 dan Izuzu NQR71. Kajian ini membahas alternatif tentang membandingkanantara komponen elektrikal dan mekanikal untuk perhitungan biaya yang optimal dari kebijakan perawatanmenggunakan metode Preventive Maintenance Policy dan Repair Policy. Objek pada artikel ini membahas dua armadabus Trans Jogja merk Hino FB130 nomer lambung 107 dan Izuzu NQR71 nomer lambung 48 dengan jalur yang sama,jalur 10. Pada kajian ini data kerusakan untuk masing-masing komponen yang digunakan periode September 2019 –Agustus 2020. Hasil kajian meliputi perhitungan Total Maintenance Cost (TMC) biaya yang optimal untuk klasifikasikomponen elektrikal adalah Bus Trans Jogja merek Izuzu NQR71 no 48 yaitu Rp 505.745 per bulan. Perawatandilakukan setiap 6 bulan. Klasifikasi komponen mekanikal adalah Bus Izuzu NQR71 no 48 yaitu Rp 1.752.140 per bulan. Perawatan dilakukan setiap 12 bulan. Berdasarkan perhitungan dan pengolahan data dapat disimpulkan dalam kebijakan perawatan menerapkan metode repair policy untuk Bus Hino FB130 no107 dan Bus Izuzu NQR71 no 48 menerapkan preventive maintenance policy.
Copyrights © 2021