ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal
Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL

PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP DUNIA BISNIS

Citra Berliani Utami (Unknown)
Lukman Faruk (Unknown)
Ofah Musyarrofah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2015

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis memberikan pengaruh terhadap para pelaku bisnis untuk selalu memperbaharui strategi pemasaran dan penjualannya. Khususnya pada saat sekarang, dimana bisnis dapat dilakukan secara offline dan online. Dan untuk bisnis online, yang sekarang semua pelaku bisnis baik yang sudah lama berkecimpung ataupun yang baru harus selalu memiliki strategi pemasaran dan penjualan terbaru. Berkaitan dengan strategi pemasaran dan penjualan, business intelligence dapat membantu pelaku bisnis online yang termasuk di dalamnya yaitu perusahaan, untuk memperoleh pengetahuan yang jelas tentang faktor – faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Dan setelah mengetahui faktor – faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja, maka hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan meningkatkan kekuatan dari usaha yang dikelola. Aplikasi yang ada pada business intelligence dapat dipakai untuk menganalisis konsumen, produk, dan delivery channel yang dipakai. Dengan adanya business intelligence, maka perusahaan dapat mengelola kemudianmengolah data menjadi informasi sehingga tidak terpaku pada angka – angka saja.Memahami,meningkatkan kinerja, penganggaran biaya yang lebih efisien, dan mengidentifikasipeluang bisnis baru merupakan manfaat yang diperoleh ketika perusahaan menerapkan businessintelligence. Penjualan suatu produk tidak hanya ditentukan oleh harga dan kualitas produk saja,karena ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhinya diantaranya adalah karakteristikpembeli, faktor geografi, dan masih ada faktor lainnya. Karena faktor – faktor tersebut peran daribusiness intelligence sangat diperlukan. Dimana pelaku bisnis ataupun perusahaan memerlukanalat bantu yang salah satunya adalah business intelligence untuk mengolah data untuk menjadiinformasi dari produk yang dijual sehingga nantinya akan dihasilkan keputusan yang akan diambiloleh pelaku bisnis atau perusahaan tersebut. Kata Kunci: bisnis, online, perusahaan, business intellige

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

icit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset Business Intelligence (BI), bidang riset Information Engineering dan bidang riset TIK secara umum bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) dan juga artikel ...