Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah
Vol 20, No 1 (2021)

Strategi Komunikasi Komunitas Peduli Jilbab dalam Sosialisasi Pemakaian Jilbab Syar’i diKalangan Muslimah

Rini Astuti (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Fatmawati Fatmawati (UIN Syarif Hidayatullah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemilihan komunikator, penyusunan pesan dan penyajian, serta perencanaan media pesan komunitas Peduli Jilbab dalam mensosialisasikan pemakaian jilbab syar’i dikalangan muslimah. Penelitian ini menggunakan para digmakonstruktivisme, di mana realitas yang ada merupakan hasil konstruksi dari kemampuan berfikir seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu dengan cara melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari kegiatan mensosialisasikan pemakaian jilbab syar’i di kalangan muslimah. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa,  strategi  pemilihan komunikator yang dilakukan oleh komunitas Peduli Jilbab ditentukan berdasarkan kredibilitas, kriteria latar belakang, dan daya tarik. Strategi penyusunan dan penyajian pesan yang dilakukan oleh komunitas Peduli Jilbab dirumuskan secara informatif dan persuasif. Strategi pemilihan media yang dilakukan oleh komunitas Peduli Jilbab ialah menggunakan media massa dan media sosial. Strategi pemilihan dan pengenalan khalayak yang dilakukan oleh komunitas Peduli Jilbab, yaitu dengan membaginya kedalam dua jenis, khalayak internal  dan  eksternal.   Kemudian,  mengenal  dan  mendekati  khalayak sasarannya dengan cara berbeda.

Copyrights © 2021