Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keluarga memilih model pesantren modern sebagai pilihan rasional keluarga bagi pendidikan anak di era globalisasi. Dalam mengkajinya peneliti menggunakan teori pilihan rasional Coleman yang hampir sejalan dengan teori tindakan sosial berorientasi nilai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara kepada 18 informan yang terdiri dari masing-masing 3 orang keluarga santri dari kelas 1 sampai kelas 6. Dalam lingkup pesantren Baitul Hidayah kelas 1-3 setingkat dengan SMP sederajat dan kelas 4-6 setingkat SMA sederajat. Simpulan menunjukkan keluarga mempunyai tujuan rasional yang ingin dicapai dalam mendidik anaknya dengan sumber daya keluarga yang dimiliki. Sumber daya keluarga berupa sumber daya kognitif, sumber daya afektif, sumber daya waktu dan sumber daya materi. Pada era globalisasi yang penuh tantangan sekarang ini, keluarga sebagai aktor yang melakukan tindakan memilih dengan mengerahkan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Para informan merupakan keluarga yang berperan aktif dalam memilih jenis pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya dan menganggap bahwa model pesantren modern merupakan model pendidikan yang ideal dan sebagai pilihan rasional bagi pendidikan anak-anaknya.
Copyrights © 2021