Penyelenggaran pendidikan bermutu di Indonesia dewasa ini masih memiliki hambatan dan tantangan yang cukup berat mulai dari kelembagaan yang belum memenuhi standar, kompetensi guru yang relatif rendah, kompetensi rendah dari siswa/ lulusan dalam beberapa bidang ajar seperti sains dan matematika, literasi dan minat baca yang lemah, kurang relevannya pendidikan dengan ketenagakerjaan dan industri, tata kelola pendidikan oleh pemangku kepentingan yang belum terkordinasikan dengan baik serta sejumlah masalah lainnya. Diperlukan suatu upaya berkesinambungan untuk mengatasi permasahan tersebut di atas. Penelitian ini diharapkan dapat menurai permasalah serta menghasikan jalan keluar dari permasalahan saat ini. Penelitian dilakukan dengan mereview literatur dan analisis kebijakan pendidikan ditingkat kabupaten. Hasil analisis menunjukkan perlunya kolaborasi dan inovasi secara terus menerus berkepanjangan dari para penyelenggara dan pelaksana pendidikan. Dan untuk itu diperlukan peran dewan pendidikan dalam menjembatani para pemangku kepentingan untuk secara bersama-sama bahu membahu mewujudkan pendidikan bermutu yang dicita-citakan bersama.
Copyrights © 2020