INFOKAM
Vol 17, No 1 (2021): Nomor I/Th. XVII/Maret 2021

Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis CMS (Studi Kasus : Koperasi IKAMAS Semarang)

Sumardi Sumardi (Komputerisasi Akuntansi, AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2021

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat, dan perkembangan kemajuan teknologi yang semakinmeningkat pula, menjadikan pelanggan saat ini sangatlah berkuasa.  Pelanggan dapat denganmudah membandingkan perusahaan dan berpindah dari perusahaan yang satu ke yanglainnya. untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, serta meningkatkan pelayanannyakepada pelanggan agar pelanggan tetap loyal terhadap perusahaan maka Koperasi IKAMASSemarang sudah semestinya menerapkan CRM. Tujuan penelitian untuk mengembangkansuatu prototype CRM yang berbasis Web  yang lebih ekonomis, berdaya guna, selain dapatdigunakan sebagai situs utama perusahaan juga dapat dikembangkan secara lebih optimalsesuai dengan kebutuhan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah modelprototype. Tahapan dalam metode prototype adalah Komunikasi, Perencanaan, PemodelanRancangan, Konstruksi, Pengiriman dan Feedback. Hasil penelitain adalah tersedianyaprototype CRM yang ekonomis dan berdaya guna sehingga dapat dimanfaatkan perusahaanuntuk mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggannya. Prototype ini juga masih dapatdikembangkan secara optimal sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Teks naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Teks utama naskah harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam satu kolom pada ...