Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 2 No 3 (2021): Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Pengaruh Metode Drill dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santriwati Bidang Ilmu Al-Mahid

Agus Muhibudin (Akademi Maritim Cirebon)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis serta dalam pemikiran para ulama dan dalam praktek sejarah umat Islam, seperti pendidikan yang ada di dalam pesantren. Metode Drill adalah suatu cara mengajar siswa melakukan latihan, siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Harga koefisien korelasi r = 0,65 artinya pengaruh penggunaan metode drill terhadap motivasi belajar santri pada bidang ilmu Al- Mahid termasuk dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh antara metode drill dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada bidang Ilmu Al-Mahid di Pondok Pesantren Assalafiat II sebesar (0,65) termasuk dalam kategori cukup. Penelitian ini memberikan informasi bahwa Metode Drill berpengaruh terhadap motivasi Belajar santriwati sebesar (0,65). Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar Santriwati masih banyak dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi belajar Santriwati selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...