ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tangible dan Empathy terhadap kepuasan masyarakat dalam pelaksanaan PATEN pada Masa New Normal di Kecamatan Sako dan untuk menentukan subvariabel dari kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sampel yang diambil adalah 100 orang dari 20.273 KK dengan rumus Taro Yamane dan Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dalam kepuasan masyarakat. Nilai thitung tangible di atas 1,985 yaitu sebesar 3,218. Variabel empathy memiliki nilai thitung sebesar 6,968 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Adapun variable Tangible dan Empathy secara simultan berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam Pelaksanaan PATEN. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
Copyrights © 2020