Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Desa Jatisari; (2) besarnya pengaruh lingkungan kerjapegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Balai Desa Jatisari; (3) besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Balai Desa Jatisairi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mempunyai kepentingan di Kantor Balai Desa Jatisari dan diambil sampel sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan publik terhadap kepuasan masyarakat. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan lingkungan kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat.
Copyrights © 2019