Teknologi yang berkembang saat ini mengakibatkan transaksi jual beli mejadi lebih mudah dan lebih aman. Marketplace merupakan media tempat transaksi antara penjual dan pembeli berbasis internet. Produk yang ditawarkan sangat banyak seperti makanan, pakaian, sepatu, hingga peralatan rumah tangga. Dari sekian banyaknya produk yang dijual pada marketplace, produk lokal seperti kerajinan tangan masih kalah saing dari produk-produk lainnya. Kurang minatnya pada produk-produk lokal menjadi salah satu kalahnya kerajinan tangan dengan produk-produk yang ada pada marketplace. Business Model Canvas (BMC) digunakan untuk menggambarkan model bisnis yang akan dikembangkan pada marketplace, kemudian Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk menggambarkan sistem informasi marketplace yang akan dibangun. Marketplace yang dibuat khusus untuk kerajinan tangan dapat meningkatkan daya saing dengan produk-produk yang ada pada marketplace lainnya. Selain itu juga dapat memperkenalkan hasil-hasil kerajinan tangan Indonesia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021