Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5 No 3 (2020): September

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

Maarif, Imtihan Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjosemester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII A semester 1 SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 71,03 meningkat menjadi 80,56 ≥ 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ≥ 85%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...