Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5 No 3 (2020): September

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI TARI

Yuwani, Ratna Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Seni tari melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII A SMP Negeri2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar Seni tari siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Nguter. Sebelum tindakan/ prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 14 siswa atau 63,6%, pada siklus I, 17 siswa atau 77,3% dan pada siklus II, 21 siswa atau 95,5%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,5 setelah tindakan siklus I sebesar 72,95 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,95.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...