Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Akuntansi dan Keuangan

PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASARAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI

RANTI MELASARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang masih aktif kuliah di Universitas Islam Indragiri. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan intelektual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan emosional dan minat belajar secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara simultan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variasi variabel tingkat pemahaman akuntansi dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, kecerdasaran emosional dan minta belajar sebesar 20,7% sedangkan sisanya sebesar 79,3% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indragiri dengan No. E-ISSN 2598–7372 dan ISSN 2089–6255. Fokus topik yang dibahas meliputi Akuntansi Dan Keuangan, Akuntansi Keuangan Dan Pasar Modal, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi ...