Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat masyarakat terus dipacu untuk mengikuti kecanggihan teknologi yang hampir setiap saat berubah, salah satunya yaitu semakin berkembangnya internet. Pemasaran dengan strategi promosi melalui internet khususnya dengan media sosial (jejaring sosial) dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Dengan media sosial tersebut akan terbentuk komunikasi pemasaran yang efektif yaitu word of mouth (WOM) yang diartikan sebagai promosi dari mulut ke mulut dengan bertatap muka. Thyy Thyy memiliki pelanggan-pelanggan tetap yang setia membeli produk produknya, dengan sistem promosi dan informasinya dilakukan melalui facebook dan juga rekomendasi dari pelanggan berupa review dan testimoni pemakaian produk dengan menandai atau tag akun Thyy Thyy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial dan electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian. Hasil uji penelitian dari promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian. Jika dilihat dari nilai t hitung > t tabel (1,888 > 1,677), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian diketahui variabel electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Jika dilihat dari nilai t tabel sebesar 1,667, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh promosi melalui media sosial dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian peneliti menguji dengan uji F, yaitu nilai F hitung > F tabel (17,267 > 4,042) Dengan hasil yang berpengaruh signifikan ini, maka variabel promosi melalui media sosial dan electronic word of mouth sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian di online shop Thyy Thyy.
Copyrights © 2021