BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol 3 No 1 (2021): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar Siswa di Mts Miftahul Arifin Kabupaten Situbondo

Dwi Nur Rikhmasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Metode ceramah merupakan salah satu metode pembelajaran yang berupa penyampaian (memberikan) informasi secara lisan terhadap siswa di dalam ruangan tertentu, dimana siswa diharuskan untuk mendengarkan dan mencatat segala sesuatu yang guru berikan selama proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui proses kerja kolaborasi dengan guru IPA, kepala sekolah dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo tahun pelajaran 2014-2015. Daerah penelitian ditetapkan di MTs Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo. Penelitian ini direncanakan dan dilaksanakan dengan menggunakan satu siklus. Jika pada siklus I belum berhasil, maka dapat dilaksanakan siklus II. Siklus I tersebut dapat dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting) dengan menggunakan metode TAI, observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Sehingga empat langkah utama yang saling berkaitan itu disebut sebagai satu siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas VIII MTs Miftahul Arifin Ranurejo pada siklus I belum tuntas secara klasikal dengan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 73,9%, karena KKM yang harus dicapai yaitu 75%. Rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I sebesar 74,27% dengan kriteria aktif sedangkan rata-rata hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I sebesar 73,49% juga termasuk dalam kriteria aktif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi yang memiliki E-ISSN 2620-3529 dan P-ISSN 2620-3510 yang diterbitkan oleh IKIP PGRI Jember, Indonesia. BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk mempublikasikan hasil penelitian terkait pendidikan Biologi. BIO-CONS, ...