Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 2 No 1 (2021): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pbl Dengan Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Restu Intan Purwati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hamidah Suryani Lukman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aritsya Imswatama (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan linear satu variabel yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Hasil pengumpulan data menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kurang. Selain dari hasil wawancara dengan guru matematika hal ini dapat dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) pada soal uraian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Lembar kerja Siswa (LKS), dan media pembelajaran sebagai pelengkap dari pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini hanya melalui 5 tahap yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Mencari informasi 3) Desain produk 4) Validasi oleh para ahli 5) Perbaikan produk. Sample dari penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Sukabumi kelas 7a dan 7b. Setelah melalui tahap pengumpulan data, pembuatan produk hingga proses validasi oleh ahli dan kemudian proses pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai 85,1% dengan kriteria sangat valid, tetapi perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus melalui perbaikan dengan tujuan menyempurnakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asm

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics

Description

ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan ...