Sumbula : Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya
Vol 5 No 2 (2020): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

Pendidikan Islam Prespektif Imam Al-Ghazali dalam Meningkatkan Nilai Moral Anak

Eny Fatimatuszuhro Pahlawati (Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan Islam prespektif Imam Al-Ghazali dalam meningkatkan nilai moral anak. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, yang berupa buku-buku, literatur, jurnal, dan dokumen-dokumen tertulis baik dalam bentuk media cetak maupun media elektronik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali secara actual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu actual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini. Dalam mengaktualisasikan pendidikan Islam dalam meningkatkan nilai-nilai moral anak, Al-Ghazali mencetuskan sebuah metode khusus tentang pendidikan Akhlak, metode keteladanan adalah metode yang paling diutamakan oleh Al-Ghazali untuk meningkatkan nilai- nilai moral anak. Kata Kunci: Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sumbula

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya – adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keagamaan, sosial dan budaya. ...