Abstraksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan Islam prespektif Imam Al-Ghazali dalam meningkatkan nilai moral anak. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, yang berupa buku-buku, literatur, jurnal, dan dokumen-dokumen tertulis baik dalam bentuk media cetak maupun media elektronik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali secara actual telah dilandasi oleh pemikirannya terhadap manusia yang fitrahnya tidak akan berubah, sehingga konsepnya selalu actual dan tidak pernah usang, dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini. Dalam mengaktualisasikan pendidikan Islam dalam meningkatkan nilai-nilai moral anak, Al-Ghazali mencetuskan sebuah metode khusus tentang pendidikan Akhlak, metode keteladanan adalah metode yang paling diutamakan oleh Al-Ghazali untuk meningkatkan nilai- nilai moral anak. Kata Kunci: Pendidikan Islam; Moral Anak; Imam Al-Ghazali
Copyrights © 2020