Penelitian ini mengkaji tentang penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (ESQ) kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual telah diaplikasikan oleh peserta didik dengan baik dan cukup bagus dalam kehidupan sehari-hari terurama dilingkungan sekolah. Peserta didik telah mampu mengendalikan diri saat dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang terjadi di lingkup sekolah terutama saat menerima materi dalam pembelajaran. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum dapat penerapkan namun hal ini tidak menjadi beban bagi pendidik untuk mengajarkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
Copyrights © 2021