PRISMA
Vol 10, No 1 (2021): PRISMA Volume 10, No 1 Tahun 2021

Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP

Dinasty, Arga (Unknown)
Suryawan, I Putu Pasek (Unknown)
Sugiarta, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperiemen semu (quasi experiment) dengan rancangan post test only control grup. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 274 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling yang disyaratkan terpenuhinya kesetaraan populasi menggunakan uji ANAVA satu jalur. Data penelitian adalah motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui penyebaran instrumen di akhir penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Liliefors, uji Levene dan uji t satu ekor dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung­ = 3,032 >  ttabel  = 1,996 sehingga tolak H0 dan H1 diterima. Hasil analisis menjelaskan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran metode hypnoteaching  lebih tinggi daripada motivasi belajar matematika siswa kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...