PRISMA
Vol 10, No 1 (2021): PRISMA Volume 10, No 1 Tahun 2021

Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis

Lutfiatul Khofifah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nanang Supriadi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhammad Syazali (Universitas Pertahanan)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sumber Jaya. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI dan sampel penelitian adalah XI IPA 1 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model flipped classroom,  XI IPA 2 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan model discovery learning, dan XI IPA 3 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan penerapan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Manova dan dilakukan uji lanjutan menggunakan uji Tukey. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...