Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sumber Jaya. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI dan sampel penelitian adalah XI IPA 1 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model flipped classroom, XI IPA 2 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan model discovery learning, dan XI IPA 3 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan penerapan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Manova dan dilakukan uji lanjutan menggunakan uji Tukey. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis.
Copyrights © 2021