Journal of Economics and Business UBS
Vol. 10 No. 1 (2021): Journal of Economics & Business UBS

Pengaruh Sistem Antrian Dan Tata Letak Mesin Ordering Kios K terhadap Kualitas Layanan Konsumen Pada Restaurant Mcdonald’s Bintaro

Erwin Rasyid (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Unisadhuguna Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pendahuluan : McDonald’s merupakan restoran  makanan cepat saji terbesar yang berdiri pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. Seiring berjalannya restoran McDonald’s terus meningkat di Indonesia dan semakin banyak memiliki pelanggan atau konsumen. Pelayanan merupakan setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh sistem antrian dan tata letak mesin ordering kios k terhadap kualitas pelayanan konsumen baik secara parsial maupun secara simultan pada Restaurant McDonald’s Bintaro. Metode : Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu system antrian (X1) tata letak mesin ordering (X2) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan konsumen (Y). Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dan wawancara, sedangkan data sekunder didapat dari beberapa literature yang relevan. Pengujian dilakukan dengan melakukan uji instrument yang meliputi uji validitas dan uji realibilitas. Dilanjutkan dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas yang kemudian dilanjutkan dengan analisis data dengan mengigunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Restaurant McDonald’s Bintaro sebanyak 80 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial maupun simultan variable system antrian dan tata letak mesin ordering berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan konsumen Restaurant McDonald’s Bintaro. Kesimpulan : Maka dapat disimpulkan bahwa system antrian berpengaruh positif terhadap kualitas layanan konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...