Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII C semester 1 SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 69,1 meningkat menjadi 77,6 ≥ 75,0 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ≥ 85%. Kata Kunci: Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), prestasi belajar bahasa Indonesia
Copyrights © 2021