jurnal dikdas bantara
Vol 4, No 1 (2021)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

widodo widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 2 Nguter semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII C semester 1 SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 69,1 meningkat menjadi 77,6 ≥ 75,0 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ≥ 85%. Kata Kunci: Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), prestasi belajar bahasa Indonesia 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...