Terciptanya suatu hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar adalah wujud dari keberhasilan public relations dalam menjalankan perannya dan mengoptimalkan fungsinya. Pada teori public relations budaya menjelaskan semua aktivitas public relations akan selalu dipengaruhi oleh budaya. Di era globalisasi pada saat ini budaya bisa dipelajari melalui proses belajar, proses belajar tersebut melalui empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi antar budaya pada public relations Kompas Gramedia dalam membangun komunikasi empati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini erat berkaitan dengan teknik wawancara mendalam yang melibatkan masyarakat Palmerah Selatan. Penelitian ini menggunakan studi etnografi public relations yaitu studi yang berfokus kepada perilaku komunikasi untuk membangun suatu hubungan. Komponen studi etnografi public relations meliputi Insight, Program Strategic, Program Implementation, Action and Reputation. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa program CSR Kompas Gramedia dengan sasaran masyarakat di sekitar kantor operasional sudah bervariasi dan membuat masyarakat jadi tertarik untuk mengikuti program tersebut. Program CSR yang dilakukan oleh Kompas Gramedia membuat perubahan pada masyarakat dalam aspek sosial ataupun ekonomi.
Copyrights © 2021