Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 104 pelanggan bengkel motor Scooter Jam Jakarta Barat. Dalam penelitian ini data diolah menggunakan SPSS Versi 26 untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, korelasi ganda, koefisien determinasi dan persamaan regresi berganda. Ringkasan hasil penelitian pengaruh kehandalan dan jaminan terhadap kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang kuat, dijelaskan dari hasil korelasi sebesar 0.764 dan hasil koefisien determinasi sebesar 0.584 atau 58.4% dan sisanya 41.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis buat. Hasil persamaan regresi berganda menunjukkan bahwa Y = 2.775 + 0.282 + 0.551 yang berarti kehandalan (0.282) dan jaminan (0.551). Diperoleh hasil dari uji F pada regresi berganda nilai signifikan untuk pengaruh X1 (kehandalan) dan X2 (jaminan) secara simultan terhadap Y (kepuasan pelanggan) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 70.949 > F tabel 3.09.
Copyrights © 2021