Biomedical Journal of Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2018): Biomedical Journal of Indonesia

Hubungan Akreditasi Sekolah, Asal Sekolah, Jalur Penerimaan Mahasiswa dan Tempat Tinggal dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa

M. Rizki Alkautsar (Unknown)
Susilawati (Unknown)
Mutiara Budi Azhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2021

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam dunia pendidikan, termasuk di Perguruan Tinggi (PT).Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Untuk mengukurkeberhasilan dalam pembelajaran di universitas menggunakan Indeks Prestasi Kumulatif. Tujuan objektif daripenelitian ini adalah menentukan hubungan akreditasi sekolah, asal sekolah, jalur penerimaan, dan tempattinggal dengan IPK mahasiswa PSPD angkatan 2014 FK Unsri. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengandesain potong lintang. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PSPD Angkatan 2014 FK Unsriyang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 216 mahasiswa. Data diambil dari Sub-bagian Akademik berupa data IPKdan jalur penerimaan dan Unit Bimbingan Konseling Mahasiswa (UBKM) berupa data asal sekolah dan tempattinggal sedangkan data akreditasi sekolah diperoleh dari web resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Analisis data bivariat menggunakan uji Chi-Square bila memenuhi syarat. Bila tidak memenuhi syarat makadigunakan uji alternatif yaitu kolmogorov-smirnov. Berdasarkan analisis bivariat, tidak terdapat hubunganakreditasi sekolah (A dan B) dan asal sekolah (kota dan kabupaten) dengan IPK dengan nilai p= 1,000, tidakterdapat hubungan asal sekolah (Palembang dan luar Palembang) dengan IPK dengan nilai p= 0,843, dan tidakterdapat hubungan tempat tinggal (bersama orang tua dan kos) dengan IPK dengan nilai p=0,730 sedangkanberdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, dan USM) dengan IPKdengan nilai p= 0,000. Terdapat hubungan jalur penerimaan dengan IPK Mahasiswa PSPD Angkatan 2014 FK Unsri.Namun, tidak terdapat hubungan akreditasi sekolah, asal sekolah dan tempat tinggal dengan IPK Mahasiswa PSPDAngkatan 2014 FK Unsri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bji

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Medicine & Pharmacology

Description

Biomedical Journal of Indonesia is an open access, peer-reviewed journal that focus on basic medical sciences, emphasizing on providing the molecular studies of biomedical problems and molecular mechanisms to integrate researches in all aspects of human health. BJI is dedicated to publishing ...