ABSIS : Mathematics Education Journal
Vol 2, No 2 (2020): November 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREADMEN INTERACTION ( ATI ) DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Anhar Kurniawan (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interaction ( ATI ) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan subjek siswa kelas VIII dan objek aktifitas belajar dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi hasil belajar. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interction ( ATI ) dengan proses diskusi dengan beberapa kelompok belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1.) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa sehingga berpengaruh dalam proses pembelajaran, (2.) hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan yang signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

absis

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ABSIS adalah jurnal pendidikan matematika berskala nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. ABSIS terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. ABSIS mewadahi hasil riset maupun kajian ilmiah di bidang ...