Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interaction ( ATI ) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jatipurno Kabupaten Wonogiri semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan subjek siswa kelas VIII dan objek aktifitas belajar dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi hasil belajar. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Model Pembelajaran Aptitude Treadmen Interction ( ATI ) dengan proses diskusi dengan beberapa kelompok belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1.) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa sehingga berpengaruh dalam proses pembelajaran, (2.) hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan yang signifikan.
Copyrights © 2020