Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning dimasa pandemi Covid-19. Konsep pembelajaran berbasis proyek ini diterapkan dalam upaya memantik keaktifan dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimental. Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa instrumen tes, angket, dan observasi. Kegiatan mahasiswa dilakukan dalam bentuk proyek praktikum dengan tema “Solusi Pencemaran Air Melalui Teknik Fitoremediasi”. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data menunjukkan peningkatan jika sebelum perlakuan atau pretest sebesar 0,24 (kriteria rendah) menjadi 0,41 (kriteria sedang). Hasil data praktikum juga menunjukkan bahwa fitoremediasi menggunakan fitoremediator eceng gondok terbukti efektif dalam menekan pencemaran air.
Copyrights © 2021