DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Learning Obstacle Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling Persegi

Revina Putri Hermawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Epon Nur'aeni (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Dindin Abdul Muiz Lidinillah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Ika Fitri Apriani (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacle yang dialami siswa pada materi keliling persegi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, serta instrumen soal tes sebanyak 5 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Subjek penelitian yaitu 7 orang siswa dan 1 guru kelas IV di SDN 1 Sindangrasa. Menciptakan proses pembelajaran yang optimal tidak hanya berfokus pada penguasaan materi yang dimiliki guru. Namun, harus juga dapat memperhatikan learning obstacle yang dialami siswa, sehingga siswa mampu memahami materi secara utuh. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami 4 tipe learning obstacle pada materi keliling persegi yakni learning obstacle tipe 1 terkait dengan kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun datar persegi, learning obstacle tipe 2 terkait ketidakpahaman siswa dalam konsep rumus keliling persegi, learning obstacle tipe 3 terkait kesulitan siswa dalam menghitung keliling persegi dan learning obstacle tipe 4 ketidakpahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling persegi. Terdapat 3 faktor penyebab siswa mengalami learning obstcale diantaranya ontogenic obstacle (kesiapan siswa dalam belajar), didactical obstacle (aspek didaktik guru) dan epsitimologic obstacle (pengetahuan siswa yang memiliki konteks terbatas).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...